Tuesday, December 20, 2016

Beragam Jenis Makanan Bergizi Untuk Ayam Petarung

Agen Casino Terpercaya - Selain menjalani beragam program latihan, ayam aduan juga perlu asupan gizi seimbang. Makanan memegang peran penting bagi pertumbuhan otot dan tubuh, bahkan turut berpengaruh pada kondisi stamina. Pakar menyarankan agar pemilihan makanan sesuai postur tubuh dan tipe petarung. Mengapa demikian? Ternyata makanan yang dikonsumsi si jago mempengaruhi kelincahan dan bobot pukulan.

Memberi asupan bergizi merupakan salah satu Cara Merawat Ayam Jago Petarung. Ada beragam jenis makanan yang berpengaruh besar bagi pertumbuhan.

Makanan Bergizi Jago Petarung

1. Beras Merah
Ayam beranjak dewasa ketika pertumbuhan bulu selesai. Pada tahap ini sudah siap mengikuti latihan perdana, maka sang pemilik perlu memberikan beras merah. Pemberian beras merah setiap hari sebagai makanan utama akan membuat si jago bertubuh kekar dan padat alias bobot bertambah berat, sedangkan dasar pukulan semakin keras.
Menurut pakar aduan, beras merah kaya protein namun rendah lemak yang mudah sekali dicerna si jago. Makanan ini sangat cocok untuk ayam aduan tipe jalu karena menstimulus pertumbuhan cepat jalu. Namun beras merah harus diberikan pada ayam jalu yang memiliki gaya tarung cepat tanpa kompromi terhadap lawan.
2. Gabah
Pemberian gabah setiap hari akan membuat tubuh si jago lebih ringan, tetapi lebih keras berisi. Banyak pakar aduan mengganggap konsumsi rutin gabah memberi efek serupa beras merah. Padahal berbicara soal kandungan vitamin, gabah jauh lebih kompleks. Salah satu kandungan tertingginya adalah kalsium yang bermanfaat untuk perkuat pertumbuhan bulu dan cegah kerontokan bulu.
Tak jauh berbeda dari beras merah, pemberian gabah sangat bagus untuk si jago tipe jalu agar semakin lincah dan cepat terbang menyergap lawan. Ada cara tertentu sebelum menyajikan, yakni gabah perlu direndam ke air terlebih dahulu untuk memisahkan gabah yang terapung karena tak layak konsumsi.
3. Jagung
Makanan ini sangat cocok diberikan pada ayam aduan tipe pukul dimana pertumbuhan jalu tergolong lambat bahkan tidak tumbuh sama sekali. Jagung mengandung karbohidrat paling tinggi dibandingkan gabah dan beras merah, apalagi ditunjang kadar tinggi fosfor dan kalsium.
Karbohidrat membuat si jago memiliki pukulan keras dan stamina besar, sedangkan fosfor dan kalsium bantu memaksimalkan pertumbuhan tulang menjadi lebih besar plus kuat. Sebelum diberikan kepada si jago, sebaiknya biji jagung direndam air terlebih dahulu agar lebih lunak.
4. Ramuan pakan ayam jalu
Ayam jalu butuh kecepatan untuk menaklukkan lawan, oleh karena itu disarankan mengkonsumsi makanan kaya protein dan rendah lemak. Selain pemberian beras merah dan gabah, boleh saja memberi ramuan pakan khusus ayam jalu. Siapkan campuran 8 Kg bekatul dan 2 Kg konsentrat ayam petelur yang dilarutkan air. Agar si jago makan makin lahap, campurkan dengan sedikit gabah, beras merah ataupun jagung.
5. Ramuan pakan ayam pukul
Ayam pukul perlu daya tahan tubuh kuat agar bisa terus bertahan hingga 4-5 ronde. Oleh karena itu, disarankan mengkonsumsi makanan tinggi protein dan energi. Selain pemberian jagung setiap hari, boleh juga diberi ramuan pakan ayam pukul. Siapkan campuran antara 5 Kg jagung halus, 2 Kg dedak dan 3 Kg konsentrat ayam petelur. Jika si jago ingin dirancang menang dalam waktu singkat, yakni kurang dari 2 ronde, maka boleh diberi ramuan pakan ayam jalu.

No comments:

Post a Comment